Perbedaan Jenis Tiang PJU Tapered Dan Tiang PJU Ganda

Tiang PJU tapered adalah jenis tiang penerangan jalan umum yang memiliki desain yang menyempit atau meruncing dari bawah ke atas. Istilah "tapered" merujuk pada perubahan ukuran atau bentuk yang meruncing secara bertahap. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari tiang PJU tapered:

Pabrik Tiang PJU

1. Desain Meruncing: Tiang ini memiliki bentuk yang lebih lebar di bagian bawah dan meruncing ke atas.
· Desain meruncing dapat memberikan sentuhan estetis dan elegan pada lingkungan di sekitarnya.

2. Bahan Material: Tergantung pada spesifikasi dan kebutuhan proyek, tiang PJU tapered dapat terbuat dari berbagai material, seperti besi, baja, aluminium, atau material campuran.

3. Fungsi: Digunakan untuk menopang lampu-lampu penerangan jalan umum, mirip dengan tiang PJU konvensional.
· Desainnya yang menarik seringkali membuatnya cocok digunakan di kawasan-kawasan perkotaan atau daerah dengan estetika khusus.

4. Estetika: Tiang PJU tapered sering dipilih untuk memberikan tampilan yang lebih modern dan elegan dibandingkan dengan tiang PJU konvensional.
· Estetika ini dapat memberikan kontribusi pada penataan visual kawasan di mana tiang ini dipasang.

5. Berbagai Bentuk: Tidak hanya memiliki bentuk dasar yang meruncing, beberapa tiang PJU tapered dapat memiliki variasi bentuk seperti oktagonal (delapan sisi) atau heksagonal (enam sisi).

Pemilihan tiang PJU tapered biasanya dipengaruhi oleh pertimbangan estetika dan arsitektur lingkungan di mana tiang tersebut akan ditempatkan. Desainnya yang unik dapat memberikan nilai tambah pada tata kota atau pencahayaan di daerah tertentu.



Tiang PJU ganda (Twin Arm) adalah jenis tiang penerangan jalan umum yang memiliki dua lengan atau tangan untuk menopang dua lampu atau lebih. Desain ini memungkinkan satu tiang untuk memberikan pencahayaan pada dua sisi jalan atau area yang lebih luas. Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari tiang PJU ganda:

1. Dua Lengan: Tiang PJU ganda memiliki dua lengan yang memanjang keluar dari bagian atas tiang. Setiap lengan tersebut biasanya berakhir dengan tempat pemasangan lampu.

2. Pencahayaan Lebih Luas: Karena memiliki dua lengan, tiang ini dapat memberikan pencahayaan pada dua arah atau area yang lebih luas dibandingkan dengan tiang PJU biasa.

3. Fleksibilitas Penempatan: Cocok untuk situasi di mana diperlukan pencahayaan di dua sisi jalan atau di area yang luas seperti persimpangan atau lapangan.

4. Desain Struktur: Desain strukturnya biasanya lebih kokoh untuk menopang beban tambahan dari dua lampu atau lebih.

5. Fungsi Khusus: Biasanya digunakan di jalan-jalan utama, persimpangan, atau area-area dengan lalu lintas yang padat.

6. Bahan Material: Seperti tiang PJU pada umumnya, tiang PJU ganda dapat terbuat dari berbagai material seperti besi, baja, atau aluminium, tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi proyek.

Tiang PJU ganda memberikan keuntungan dalam hal efisiensi pencahayaan, terutama di area-area yang membutuhkan pencahayaan di lebih dari satu arah. Desain ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan keamanan di jalan raya. Pemilihan tiang PJU ganda harus disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan dan karakteristik lingkungan tempat tiang tersebut akan dipasang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
wa